Menpora Berharap Musim Depan Piala Presiden Masuk Klub Luar Negeri

Menpora Berharap Musim Depan Piala Presiden Masuk Klub Luar Negeri

Menpora Berharap Musim Depan Piala Presiden Masuk Klub Luar Negeri – Imam Nahrawi, selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengungkapkan pendapatnya untuk turnamen Piala Presiden musim depan. Imam berharap, pada turnamen berikutnya dapat diikut sertakan tim dari luar negeri.

Pada tahun 2015, Piala Presiden pertama kalinya digelar. Pada saat itu terdapat 16 klub yang akan bertanding pada turnamen Piala Presiden yang terdiri dari 13 klub ISL dan tiga klub Divisi Utama.

Piala Presiden yang ke-2 pada tahun 2017, PSSI menjadi penyelenggara utamanya. Total klub yang bermain pada turnamen Piala Presiden juga mengalami kenaikan menjadi 20 klub, terdiri dari 18 klub Liga 1 dan dua tim Liga 2.

Lalu untuk turnamen Piala Presiden yang ke-3 tahun 2018, penyelenggara mengundang 20 tim yang terdiri dari 15 klub Liga 1, tiga tim promosi Liga 1, dan dua klub Liga 2 yang berada pada posisi ke-4 dan ke-5 pada kompetisi musim 2017.

Imam mengharapkan untuk musim 2019, tim peserta Piala Presiden tidak hanya diikuti oleh klub-klub terbaik di Indonesia saja. Imam sangat menginginkan jika turnamen Piala Presiden ini lebih maju dan terus berkembang menjadi sebuah turnamen yang sangat besar nantinya.

“Semoga saja di tahun-tahun yang akan datang, Piala Presiden dapat diikuti juga oleh beberapa klub asing dari luar negeri. Sehingga sepak bola Indonesia semakin berkembang hingga keluar negeri,” ucap Imam.

Imam juga mengamati lebih dalam terkait pelaksanaan turnamen Piala Presiden yang tidak menggunakan dana APBN sama sekali. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan untuk perkembangan sepak bola Indonesia agar terus semakin maju lagi.

“Jujur, saya senang sekali karena Piala Presiden yang selama ini berlangsung tanpa menggunakan APBN. Ini artinya penyelenggara benar-benar di percaya oleh sponsor dan para pencinta bola tanah air,” ujar Imam.

“Sangat luar biasa mengetahui fakta bahwa sepak bola itu benar-benar mensejahterakan. Sepak bola merupakan sebuah olah raga hiburan yang sangat baik dan ini terbukti dari pembukaan Piala Presiden yang ke tiga di GBLA,” lanjutnya.

About